IBX588298A5EA7EF

Jumat, 13 Juli 2018

Cara Menggunakan Air Cooler yang Benar

Air cooler atau pendingin ruangan adalah perangkat yang kini makin digemari masyarakat. Dengan harganya yang lebih murah dan hemat listrik, membuat Air cooler memang menguntungkan bila digunakan. Meski menarik untuk dimiliki tapi Air Cooler sebagai perangkat pendingin ruangan terbaru menjadikan beberapa orang binggung untuk menggunakannya. Kalau kebetulan Anda sedang mencari air cooler, bisa Anda cek beberapa produk air cooler Honeywell ini.
Salah satu jenis produk air cooler

Nah, Anda yang memang berencana akan membeli air cooler maka bisa membaca informasi cara penggunaan air cooler yang benar berikut ini.

1.    Jangan Digunakan Terus-menerus
Pertama, cara menggunakan air cooler yang benar adalah dengan tidak menyalakannya terus menerus. Sebab, jika air cooler dinyalakan terus-menerus dimana air atau es batunya sudah habis maka hal ini bisa membuat air cooler cepat rusak. Jadi pastikan Anda selalu mengecek keberadaan air atau es batu dalam tangki. Bila memang air dan es batu dalam tangki sudah habis maka lebih baik hentikan penggunaan air cooler.

2.    Gunakan di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik
Tenyata, air cooler juga bisa membuat kesehatan kita menurun. Hal ini bisa terjadi jika Anda menggunakan air cooler di ruangan tertutup. Ketika Anda menggunakan air cooler di ruangan tertutup maka hal ini akan membuat ruangan jadi semakin lembab. Kelembaban yang tinggi pada ruangan inilah yang jadi pemicu munculnya penyakit yang menganggu kesehatan. Untuk solusinya, gunakan air cooler ini ditempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar ruangan tidak lembab.

3.    Jauhkan Dari Barang Elektronik atau Logam
Berikutnya, cara untuk menggunakan air cooler adalah dengan menjauhkannya dari barang-barang logam dan elektronik. Barang-barang elektronik atau barang yang berlogam memang bisa menjadi cepat rusak bila didekatkan dengan air cooler. Hal ini dikarenakan air cooler yang menyemburkan udara dingin bisa menyebabkan perangkat-perangkat elektronik dan yang berbahan logam jadi terkena kelembabannya hingga kemudian berkarat dan rusak. Jadi Anda yang punya air cooler sebaiknya taruh di tempat yang jauh dari perangkat elektronik atau logam. 

4.    Rutin dibersihkan
Supaya tidak ada debu yang menempel maka coba pastikan Anda untuk selalu membersihkan perangkat air cooler ini dengan rajin. Minimal dalam satu bulan cobalah untuk membersihkan air cooler, terutama pada bagian filternya. Jika Anda rajin membersihkan air cooler, bukan hanya akan membuat perangkat ini awet, tapi juga membuat kesehatan Anda terjaga.

5.    Jangan Diarahkan ke Badan
Selanjutnya, cara benar menggunakan air cooler adalah dengan tidak mengarahkannya ke badan. Agar tidak membuat badan jadi sakit, Anda memang dilarang menggunakan air cooler yang mengarah langung ke badan. Karena dari air dingin dari air cooler yang mengarah ke badan bisa menyababkan tubuh masuk angin atau demam karena efek kedinginan. 

6.    Gunakan Sesuai Rekomendasi Luas Ruangan
Terakhir, cara menggunakan air cooler yang benar dan tepat adalah dengan menggunakan sesuai rekomendasi luas ruangan. Seperti kita ketahui bahwa air cooler ini ada dua jenis yakni air cooler portable dan air cooler evaporative. Nah bila Anda memiliki ruangan yang kecil atau tidak terlalu besar maka air cooler portabel adalah pilihan tepat. Sebaliknya bila ruangan Anda besar maka air cooler evaporative adalah yang harus dibeli. 

Demikianlah beberapa cara menggunakan air cooler yang benar dan tepat. Untuk Anda yang ingin air cooler berfungsi optimal mendukung kegiatan dan aktivitas yang sedang dijalankan maka cara penggunaan air cooler yang benar ini harus dilakukan. Menerapkan cara penggunaan air cooler yang benar tersebut juga bisa membuat perangkat jadi awet dan tahan lama.

0 on: "Cara Menggunakan Air Cooler yang Benar "