Jumat, 20 Oktober 2017

Tips Cerdas Memilih Mesin Cuci Piring

foto:ratanika.com
Mesin cuci piring dapat merapikan piring-piring dan peralatan dapur lainnya hanya dalam waktu singkat. Keberadaan mesin ini cukup penting di dapur,  terutama bagi Anda yang super sibuk atau tidak mempunyai banyak waktu membersihkan dapur. Bila mencuci piring dan peralatan lainnya dengan mesin, Anda bisa menghilangkan semua kotorannya dengan cepat. Tidak lagi menggosok satu persatu yang membuat tangan lelah. 

Anda pun tidak akan berlama-lama berkutat dengan air dan sabun yang terkadang bisa membuat kulit bermasalah. Cukup memasukkan semua peralatan, tambahkan sabun cuci piring dan aplikasikan mesin dengan benar, maka perlatan sudah bersih seketika. Tertarik bukan untuk memiliki mesin cuci piring? Kalau begitu, Anda harus tahu dulu kriteria apa saja yang dibutuhkan dalam memperoleh mesin yang tepat!

Sesuaikan budget
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan budget. Terdapat bermacam-macam mesin cuci piring dengan berbagai pilihan harga. Anda bisa mencarin yang sesuai budget. Akan lebih mudah bila membelinya secara online, karena harga sudah tercantum pada produk yang dijual. Anda tidak usah bertanya tentang spesifikasi dan harganya ke penjual lagi.

Ukuran
Lalu, pertimbangkan ukuran mesin cuci piring yang akan Anda beli. Pastikan dapat dimuat pada dapur Anda. Sebab, ada beragam ukuran mesin yang beredar di pasaran. Ada yang berukuran 18 inci, cocok untuk dapur minimalis dan ada pula yang berukuran 24 inci dapat menampung 14 piring. 

Tipe
Selain ukuran, perhatikan pula tipe mesin cuci piring. Terdapat 3 tipe mesin yaknia portable (yang mudah dipindah-pindah), countertop dan tipe buil-in (yang mempunyai beberapa fitur dan manfaat berbeda). Bagi Anda yang belum menempati rumah sendiri alias masih mengontrak, pilih saja yang countertop atau portable. Tapi, jika ingin membeli yang built in, Anda harus menyiapkan dana yang lebih besar dan bentuknya bisa disesuaikan dengan desain dapur. 

Energi yang digunakan
Anda harus memilih mesin cuci piring berdasarkan konsumsi dayanya. Karena itu berhubungan dengan tagihan listrik setiap bulannya.

Bagaimana perputaran mesin
Rata-rata waktu penggunaan mesin antara 80-140 menit. Berapa lama waktunya tidak berpengaruh pada tingkat kebersihan piring atau peralatan lainnya. Pilih yang bisa membersihkan piring dengan cepat, sehingga hemat konsumsi daya listriknya pula. Tagihan listrik pun tidak membengkak. Untuk itu, cobalah mencari spesifikasi dari berbagai merk atau brand mesin cuci piring.


EmoticonEmoticon