Minggu, 19 Februari 2017

3 Lembaga Keuangan Non Bank Yang Melayani Pinjaman Tanpa Jaminan

Tak hanya bank saja yang bisa memberikan kredit tanpa agunan. Tapi, ada lembaga lainnya yang bukan bank menawarkan pinjaman ke bank tanpa jaminan. Lembaga ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari bank. Selain bisa untuk mengajukan dana segar, lembaga finansial ini juga sebagai pinjaman modal untuk pengusaha. 
 

Walaupun bukan bank, tapi lembaga keuangan non bank yang melayani pinjaman tanpa agunan ini diakui dan mendapatkan ijin pemerintah. Khususnya berada di dalam naungan Otoritas jasa Keuangan atau OJK. Jadi, lembaga ini resmi dan semua prosesnya dibawah pengawasan pemerintah. Lantas apa saja tempat peminjaman uang tanpa agunan nonbank? Mari kita bahas selengkapnya, sehingga bisa menjadi solusi saat butuh dana segar.
Koperasi Simpan Pinjam
Sudah dikenal dari dulu kalau koperasi menjadi penggerak ekonomi masyarakat Indonesia. Dana koperasi berasal dari pengumpulan iuran dari para anggotanya. Kemudian, dipinjamkan lagi kepada para anggota yang sedah membutuhkan dana pinjaman.  Bisa dikatakan kalau koperasi adalah lembaga keuangan nonbank yang melayani pinjaman tanpa jaminan.
Pegadaian
Selanjutnya, ada pegadaian yang merupakan lembaga bukan yang bisa memberikan kredit tanpa agunan non bank yang sudah diakui negara. Masyarakat wilayah pegadaian tersebut, dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan dalam waktu yang cepat. Dipilihnya pegadaian untuk kredit atau pengajuan pinjaman agar masyarakat terhindar dari riba.
Pinjaman di pegadaian ini tidak menunggu disurvei terlebih dahulu. Sehingga memudahkan masyarakat dalam memperoleh dana segar. Selain itu, pegadaian juga menawarkan bunga rendah yang tidak memberatkan masyarakat pastinya.
Perusahaan modal ventura
Lembaga keuangan bukan bank yang melayani pinjaman tanpa jaminan yang terakhir yakni modal ventura. Suatu lembaga keuangan yang menawarkan pembiayaan dari perusahaan ke perusahaan lainnya dalam bentuk penyertaan modal. Pembiayaannya pun bervariasi seperti obligasi dan pinjaman yang sifatnya khusus.
Jika Anda ingin membuka usaha sendiri, belum mempunyai cukup modal, maka modal ventura dapat menjadi pilihan yang tepat. Sekarang, pertimbangkanlah sendiri tentang masing-masing lembaga keuangan ini. Pilih mana yang menurut Anda bisa memenuhi kebutuhan dana segar atau pinjaman modal.


EmoticonEmoticon