Sabtu, 17 Desember 2016

Cara Beli Kompor Gas Hemat Energi

Sebelum kita membeli sebuah kompor gas, sebaiknya pilih kompor gas yang hemat energi. Maksudnya jelas agar nantinya saat kita menggunakannya, gasnya pun tidak cepat habis. Jadi lebih irit penggunaannya.

Jangan dikira kalau semua kompor gas itu sama. Pada kenyataannya, beda merek bisa beda tingkat keiritan dalam menggunakan gasnya. 

Nah jika Anda berencana untuk beli kompor gas hemat energi, simak langkah-langkah berikut ini. 

1. Ketahui apa merknya
Ini memang yang paling mudah untuk mengidentifikasi apakah sebuah kompor gas itu bermerk bagus dan hemat energi saat digunakan. Kompor yang irit gas ini biasanya merk-merk yang sudah terkenal seperti Rinnai, Modena, Tecstar, Winn. 

2. Dengarkan penuturan pemakai kompor gas
Kita bisa cari tahu bagaimana pengalaman ibu-ibu yang memakai kompor merek tertentu. Ini bisa menjadi referensi kita untuk beli kompor gas hemat energi

Misalnya kita bisa tanya ke tetangga rumah apa kompor yang dipakainya saat ini dan apakah kompor tersebut hemat gas atau tidak. Dengan mendengarkan pengalaman langsung dari pengguna kompor itu kita pun bisa mengambil keputusan untuk membeli kompor yang mana.

3. Cari kompor dengan teknologi sun burner
Kompor yang bisa menyalakan jenis api sun burner dipercaya mampu lebih menghemat gas. Kalau misalnya dibandingkan dengan jenis api turbo, api jenis sun burner ini mampu menghemat gas separuhnya. 

Sekedar informasi untuk api itu jenisnya bermacam-macam. Ada jenis api sun burner, api besar, api ekonomis, api tornado, api dragon, inner flame sampai api turbo. Nah, dari sekian jenis api ini yang paling hemat gas adalah api sun burner. 

Untuk itu cek spesifikasi kompor gas yang ingin dibeli itu. Bila perlu tanyakan kepada penjual mengenai jenis api yang disemburkan oleh kompor tersebut. 

Sebagai gambaran aja, untuk tipe api yang lebih hemat energi itu adalah yang mengerucut. Sedang kalau jenis apinya menyebar itu cenderung kebih boros pada gas. Mengapa bisa begitu?

Kalau di logika, api yang mengerucut khususnya tipe sun burner itu cenderung lebih cepat memanaskan dan efisien. Tidak banyak membuang energi panas. Sementara untuk jenis api yang menyebar lebih banyak membuang energi panas. 

4. Cari kompor gas hemat energi online
Biar lebih gampang menemukannya kita bisa cari kompor gas ini via online. Seperti di MatahariMall.com yang menyediakan banyak pilihan. Jadi kita bisa punya pilihan mana kompor gas hemat energi terbaik untuk dimiliki. 

Faktor lainnya yang juga tak dapat diabaikan agar penggunaan kompor ini hemat gas adalah merawatnya. pastikan kompor yang sudah kita miliki selalu bersih dan terawat dengan baik. Saban waktu bersihkan kompor dengan menggunakan cairan pemberish. Juga pada bagian kepala tungku bisa kita bersihkan dengan cara disikat. Supaya bagian yang kotor atau berminyak itu bisa disingkirkan. 

Pun memilih jenis panci yang tepat akan ikut berpengaruh terhadap penghematan gas yang dipakai. Utamakan untuk menggunakan panci yang bagian dasarnya rata. Karena itu akan membuat cepat panas dan panasnya menyebar merata. Sebaliknya hindari permukaan dasar panci yang bentuknya melengkung. Sebab itu akan lebih lama untuk dipanaskan. 

Jadi tak semata-mata mengandalkan merek kompor gas yang bagus. Cara kita dalam merawat kompor dan pemilihan panci yang tepat sangat berpengaruh terhadap keawetan kompor dan keiritan dalam menggunakan gas. Semoga bermanfaat.
Read More