Minggu, 20 November 2016

Ketahui Sistem Bisnis E-Commerce Apa Saja Yang Ada di Indonesia

Kemudahan bertransaksi dalam hal jual beli online semakin membuat perkembangan sistem E-commerce Indonesia juga mengalami kemajuan. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk menekuni bisnis online. Meski sudah banyak situs jual beli online yang tersebar saat ini, namun kita bisa melihat sistem apa yang digunakan. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai sistem E-commerce, simak penjelasannya berikut ini.
ilustrasi foto:provectus.com
Sistem Iklan Baris
Sistem yang satu ini tergolong sudah lama digunakan terutama dimedia cetak hanya saja kemudian diadopsi dalam dunia internet. Merupakan sistem yang paling mudah dan sederhana. E-commerce yang menggunakan sistem ini hanya bersifat sebagai media perantara atau wadah untuk melakukan promosi. E-commerce sistem iklan baris tidak terlibat langsung dalam transaksi proses jual beli. Siapa saja yang ingin mempromosikan barang jualan di E-commerce sistem iklan baris bisa melakukannya. Keuntungan E-commerce berasal dari iklan yang dipasang pada website.

Sistem Marketplace
Bentuk dari sistem marketplace adalah adanya layanan untuk pembayaran dan transaksi online. E-commerce dengan sistem ini menjadi media perantara antara pembeli dan penjual. Apabila seorang pembeli tertarik dengan barang yang dijual lalu telah dicapai kesepakatan pembelian, maka pembeli harus melakukan pembayaran atau transfer ke pihak E-commerce, E-commerce akan mengurus segala konfirmasi orderan kepada penjual dan penjual akan mengirimkan barang ke alamat pembeli. Jika pembeli sudah menerima barang orderan, maka E-commerce akan membayar kepada penjual. cara ini memang terkesan lebih ribet namun kelebihannya adalah jaminan pesanan barang sampai ke alamat tujuan.

Sistem Shopping Mall
Tidak jauh berbeda dengan sistem marketplace, hanya saja perbedaan yang mencolok antara sistem marketplace dengan shopping mall adalah barang yang dijual. E-commerce sistem shopping mall mengedapankan kualitas barang sehingga hanya produk-produk bermerk atau telah memiliki nama besar yang bisa ikut bergabung atau berjualan di E-commerce ini. Pihak penjual yang ingin bergabung dalam E-commerce juga tidak mudah, harus melalui verifikasi yang ketat terlebih dahulu. Keuntungan E-commerce berasal dari komisi yang diberikan oleh pihak brand yang terlah tergabung dalam E-commerce.

Itu tadi 3 sistem yang paling banyak diterapkan oleh E-commerce yang ada di Indonesia. Setiap sistem tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, tinggal anda memilih ingin berbelanja di E-commerce yang mana?! Semoga infomasi ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon